Delegasi Taliban Tiba di Teheran untuk Perundingan Damai

Delegasi politik Taliban tiba di Iran Selasa 26 Januari untuk serangkaian negosiasi tentang proses perdamaian di Afghanistan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh membenarkan bahwa delegasi Taliban, dipimpin Mullah Abdul Ghani Baradar, telah tiba di Teheran dengan koordinasi sebelumnya dan atas undangan Kementerian Luar Negeri Iran.

Selama mereka tinggal di Teheran, perwakilan Taliban akan mengadakan pertemuan dengan para pejabat Iran, termasuk Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif dan utusan khusus Iran untuk Afghanistan, demikian juru bicara itu menambahkan.

Khatibzadeh jua menyampaikan bahwa proses perdamaian di Afghanistan dan topik terkait lainnya akan dibahas dalam pertemuan dengan delegasi politik Taliban.

Iran telah menyatakan dukungan untuk partisipasi Taliban dalam struktur politik Afghanistan, proses perdamaian di bawah kepemimpinan dan manajemen Afghanistan, dan kesepakatan di antara para peserta dalam negosiasi intra-Afghanistan.

Pembicaraan intra-Afghanistan dimulai setelah AS setuju untuk menarik 12.000 tentara AS dari Afghanistan sebagai imbalan atas penghentian serangan terhadap pasukan internasional oleh Taliban berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak pada Februari 2020. (Tasnim)