General Motors Berencana Beralih ke Kendaraan Listrik

Produsen mobil Amerika General Motors (GM) baru-baru ini bertekad untuk hanya memproduksi kendaraan listrik pada 2035. Ini merupakan sebuah tren otomotif global, dan peralihan ini didukung oleh pemerintahan Joe Biden.

Para analis mengatakan ini merupakan sasaran energi bersih yang paling ambisius, yang diprakarsai oleh produsen mobil besar.

GM mengatakan, pihaknya berharap bisa beralih ke produksi mobil listrik, truk kecil, dan SUV saja selama 14 tahun ke depan dan menjadi perusahaan yang netral karbon dalam lima tahun ke depan.

“Visi kami untuk masa depan adalah dunia dengan tubrukan nol, emisi nol, dan kemacetan nol,” kata CEO GM Marry Barra di Consumer Electronics Show, CES, di Las Vegas pada 12 Januari yang lalu.

Sasaran akhirnya adalah mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi emisi karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan bumi.

Bulan lalu, GM juga mengumumkan telah menandatangani “the Business Ambition Pledge” atau “Janji Bisnis Yang Berambisi” untuk mencapai sasaran 1,5 derajat Celsius kenaikan suhu bumi di atas suhu pra-industri. Ini merupakan bagian dari pakta global yang hendak membatasi pemanasan bumi. (VOA/jm/em)