Jeff Bezos Bersiap Mundur dari Jabatan CEO Amazon

Amazon.com Inc., Selasa (2/2), mengatakan pendiri perusahaan itu, Jeff Bezos, akan mengundurkan diri sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan menjadi ketua dewan eksekutif saja. Pengumuman ini disampaikan ketika perusahaan itu membukukan rekor laba terbaik, yang ketiga secara berturut-turut, dan penjualan kuartalan di atas $100 miliar untuk pertama kalinya.

Transisi ini dijadwalkan berlangsung pada kuartal ketiga. Kepala Urusan Komputasi Cloud Andy Jassy akan menggantikan Bezos sebagai CEO.

Mengutip data IBES dari Refinitiv, Reuters melaporkan penjualan bersih Amazon melesat menjadi $125,56 miliar, ketika konsumen beralih ke pengecer online terbesar di dunia itu untuk belanja musim liburan, mengalahkan perkiraan sejumlah analis yang sebelumnya memperkirakan Amazon “hanya” akan meraih $119,7 miliar.

Dalam pemberitahuan kepada para karyawan yang dipasang di situs Amazon, Jeff Bezos, mengatakan “sebagai direktur eksekutif saya akan tetap terlibat dengan inisiatif-inisiatif penting Amazon, tetapi sekaligus memiliki waktau dan energi yang saya butuhkan untuk memusatkan perhatian pada Day 1 Fund, The Bezos Earth Fund, Blue Origin, The Washington Post dan minat saya pada bidang-bidang lain.”

Bezos memulai Amazon 27 tahun lalu sebagai penjual buku di internet.

Ditambahkannya, “saya tidak pernah memiliki energi sebanyak ini, dan ini bukan soal pensiun.”

Saham Amazon naik kurang dari 1 persen dalam transaksi setelah penutupan jam perdagangan pada Selasa (2/2).

Menurut situs perusahaan itu, Andy Jassy bergabung dengan Amazon pada 1997 dan memiliki gelar MBA dari Harvard Business School. Ia mendirikan Amazon Web Services AWS dan mengembangkannya menjadi platform cloud yang digunakan oleh jutaan orang. (VOA/em/jm)