Jubir Menhan : Komcad adalah Bagian dari Sistem Pertahanan Nasional

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan komponen cadangan (komcad) merupakan bagian dalam sistem pertahanan nasional.

Menurutnya, komponen cadangan harus diperkuat dengan bersamaan dengan modernisasi Alutsista. Dahnil juga meyakini anggota DPR TB Hasanuddin paham dengan komitmen menteri pertahanan untuk memperkuat teknologi.

“Penanganan COVID-19 adalah prioritas pada saat ini, bahkan anggaran Kemhan sendiri juga banyak dipotong untuk penanganan COVID-19, pun demikian dengan penguatan teknologi dan Alutsista laut dan udara juga menjadi perhatian Kemhan,” jelas Dahnil Anzar kepada VOA.

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 pada 12 Januari 2021. Salah satu yang diatur yaitu tentang komponen cadangan yang berasal dari warga sipil. Komponen cadangan diartikan sebagai sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kemampuan komponen utama (TNI). (VOA/sm/em)