Khabib Nurmagomedov Umumkan Pensiun dari UFC 254

Petarung UFC tak terkalahkan asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, menyatakan pensiun dari seni bela diri campuran (Mixed Martial Arts/MMA) setelah mengalahkan Justin Gaethje di awal babak kedua di UFC (Ultimate Fighting Championship) 254 pada Sabtu 24 Oktober malam.

Nurmagomedov menyampaikan keputusan untuk pensiun setelah ia menyelesaikan pertarungan pertamanya secara mengesankan, sejak kematian ayah yang sekaligus pelatih seumur hidupnya pada bulan Juli. Ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov, memiliki masalah jantung yang diperburuk oleh Covid-19.

“Ini pertarungan terakhir saya,” kata Nurmagomedov. “Tidak mungkin aku kembali tanpa ayahku. Saya berbicara dengan ibu saya. Dia tidak tahu bagaimana saya bertarung tanpa ayah, tapi saya berjanji ini akan menjadi pertarungan terakhir saya,” kata Khabib.

Nurmagomedov berusia 32 tahun aktif dengan serangan dan bergulat melawan Gaethje, petarung berbahaya yang telah melumpuhkan empat lawan elit berturut-turut saat memenangkan gelar ringan sementara UFC.

Setelah menghabiskan babak pertama sebagian besar bertukar pukulan dan tendangan dengan Gaethje yang agresif, Nurmagomedov menggunakan keterampilan gulatnya yang tak tertandingi untuk mengalahkan Gaethje di awal ronde kedua.

Pertarungan pertama Nurmagomedov dalam 13 bulan terakhir tersebut akan menjadi perpisahan yang tepat untuk salah satu pesaing paling dinamis dalam sejarah MMA baru-baru ini. Atlet kelahiran Dagestan ini mengembangkan permainan menyeluruh di bawah asuhan ayahnya dan sasana MMA yang berbasis di Bay Area. Puncak karirnya adalah ketika mendapatkan gelar UFC pada 2018.

Saat itu, Nurmagomedov menghentikan Conor McGregor dan Dustin Poirier dalam dua pertarungan berikutnya sebelum absen selama setahun dari kompetisi. Kemenangannya atas McGregor menjadikannya salah satu atlet olahraga paling terkenal di dunia. ((VOA/ah)

BERITA LAINNYA

.