Kongres AS Tolak Veto Trump atas RUU Pertahanan

Kongres Amerika Serikat (AS) menolak hak veto Presiden Donald Trump atas RUU kebijakan pertahanan. Selama hampir empat tahun Trump menjabat, ini pertama kali Kongres melakukan itu.

Dalam sesi luar biasa pada Hari Tahun Baru, Senat yang dikuasai Fraksi Republik dengan mudah menolak veto itu. Anggota Kongres menolak keberatan Trump atas RUU $740 miliar itu dan memberi presiden teguran keras beberapa minggu sebelum masa jabatannya berakhir.

Pekan lalu, Trump memveto RUU pertahanan itu, dengan alasan RUU itu tidak membatasi perusahaan media sosial yang dia klaim bias terhadapnya selama kampanye. Trump juga menolak penggantian nama pangkalan militer yang menggunakan nama-nama pemimpin Konfederasi.

Pemungutan suara 81-13 di Senat, mengikuti 322-87 pemungutan suara sebelumnya di DPR, menerima RUU pertahanan yang sangat populer.

RUU itu memberi kenaikan gaji 3% bagi tentara Amerika dan memandu kebijakan pertahanan, memperkuat keputusan tentang jumlah pasukan, sistem senjata baru dan kesiapan militer, kebijakan personel, dan tujuan militer lainnya. Banyak program, termasuk pembangunan militer, hanya bisa berjalan jika RUU itu disetujui. (VOA/ka/pp)