Misi Kesehatan, Menlu Bertolak ke London dan Jenewa

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam pernyataan persnya Senin 12 Oktober di Jakarta mengatakan segera bertolak ke London Inggris bersama Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan Tim Kementerian Kesehatan. Dari London perjalanan dilanjutkan ke Bern dan Jenewa, Swiss.

Tujuan utama dari perjalanan ini antara lain mengamankan komitmen dari sumber lain untuk vaksin COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dalam kerangka kerja sama vaksin bilateral. Kemudian tujuan lainnya adalah melakukan pertemuan dan diskusi dengan Dirjen WHO (World Health Organization), GAVI, dan CEPI dalam Framework COVAX Facilities untuk membahas kerja sama vaksin dalam konteks multilateral.

Perjalanan tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong penguatan kerja sama jangka menengah dan jangka panjang antara Bio Farma dengan mitranya di luar negeri termasuk dalam konteks multilateral.

Selama perjalanan nanti Menlu Retno juga akan melakukan pertemuan dengan para mitra. Yaitu di Inggris dengan Menlu Inggris, sementara di Swiss dengan Wakil Presiden Swiss dan beberapa perusahaan dari Switzerland. (Kemlu)