Nadal Rebut Gelar Grand Slam ke-20, Samai Prestasi Federer

Spanyol Rafael Nadal berhasil merebut gelar Grand Slam ke-20 stelah meraih gelar Perancis Terbuka ke-13. Gelar Perancis Terbuka didapat usai mengalahkan Novak Djokovic dari Serbia dengan skor 6-0,6-2,7-5 pada Minggu 11 Oktober di stadion Roland Garros di Paris.

Bintang tenis asal Spanyol itu kini menyamai prestasi petenis Swiss Roger Federer sebagai petenis putra dengan gelar utama terbanyak.

Nadal mendominasi pertandingan pada hari Minggu 11 oktober sejak awal, tapi Djokovic sempat unggul di set ketiga sebelum akhirnya dikalahkan.

“Kemenangan ini sangat berarti. Saya tidak memikirkan tentang gelar ke-20 dan menyamai Roger. Hari ini adalah kemenangan di Roland Garros dan ini sangat berarti bagi saya,” kata Nadal setelah pertandingan itu. “Kisah cinta saya dengan kota dan lapangan ini tidak dapat dilupakan”.

Djokovic mengatakan, “Hari ini Anda menunjukkan mengapa Anda raja (lapangan) tanah liat. Hari ini pertandingan yang berat; saya dikalahkan oleh seorang pemain yang lebih baik hari ini.”

Dalam nomor tunggal putri, Sabtu 10 Oktober, pemain Polandia Iga Swiatek mengalahkan petenis Amerika Sofia Kenin 6-4, 6-1.

Perancis Terbuka tahun ini diadakan empat bulan setelah jadwal biasanya akibat pandemi virus corona. (vm/pp)