Ombudsman: Ada Belasan Persen TPS Tidak Jaga Jarak

Ombudsman RI memantau penerapan protokol kesehatan di 207 tempat pemungutan suara (TPS) di berbagai daerah dalam pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 lalu. Hasilnya menunjukkan ada sebelas persen TPS yang tidak mengatur jaga jarak, seperti di sejumlah TPS di Manokwari, Papua Barat dan Kepulauan Riau.

Kendati demikian, penyediaan alat pelindung diri (APD) yang berkualitas sudah dilakukan cukup baik oleh KPU. Karena itu, Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu dalam penerapan protokol kesehatan saat Pilkada serentak.

“Dilaporkan sebanyak 99 persen alat pelindung diri (APD) telah tersedia dan kualitas APD menunjukkan hasil sebanyak 96 persen dalam kondisi baik,” kata Adrianus dalam konferensi pers daring pada Kamis (17/12).

Adrianus menambahkan sebagian besar TPS juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik seperti pengaturan waktu kehadiran, ketersediaan tempat cuci dan pengecekan suhu tubuh. Menurut Adrianus, KPU juga telah melakukan tindakan koreksi atas temuan Ombudsman pada November lalu soal belum dikirimnya APD di sebagian besar KPUD yang dikunjungi lembaganya. (VOA)