PDAM Makassar Jelaskan Faktor Penyebab Lonjakan Rekening Air

Salah satu keluhan pelanggan air bersih dari Perumda Air Minum kota Makassar adalah terjadinya lonjakan tagihan rekening. Atas permasalaan ini, Kabag Humas PDAM Makassar Muhammad Rusli Senin 26 oktober menjelaskan hal itu bisa saja disebabkan karena petugas baca meter tidak mendapat akses langsung ke fisik meteran pelanggan.

Akses langsung ini diperlukan agar tidak terjadi kekeliruan dalam memasukkan angka. Akses petugas baca meter salah satunya terkendala karena rumah atau pagar terkunci karena ditinggal penghuninya.

Selain itu, Muhammad Rusli menjelaskan, lonjakan tagihan bisa terjadi karena pemakaian air oleh pelanggan tidak terkontrol dengan baik atau terjadi kebocoran instalasi dalam rumah.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, Rusli menyarankan pelanggan menempuh langakah-langkah:

  1. Pelanggan merawat kebersihan alat meter.
  2. Jangan ada tumpukan benda-benda berat yang menghalangi petugas dalam membaca meter.
  3. Berikan kemudahan akses kepada petugas baca meter.
  4. Periksa secara berkala kondisi meter dan jaringan pipa instalasi dalam rumah untuk mengetahui lebih dini adanya kebocoran.
  5. Jalin komunikasi dengan petugas baca meter dan mintalah nomor teleponnya.

Rusli menambahkan, pihaknya bisa melakukan pemutusan sementara jika meter air pelanggan tidak dapat diakses selama 2 bualn berturut-turut. Langkah ini diambil agar tidak terjadi masalah lebih besar. (PDAM Makassar)