Pegawai Kemenkes Positif COVID-19, Sebagian Besar Sudah Sembuh

maiwanews – Beberapa waktu lalu dikabarkan kebanyakan pegawai Kemeterian Kesehatan positif COVID-19, namun saat ini sebagian besar dari mereka telah sembuh. Selebihnya, tidak sampai 10 orang, saat ini diminta untuk melakukan isolasi mandiri.

Penularan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) berpotensi terjadi di luar kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI dr. Achmad Yurianto Sabtu 20 September.

Menurut dr. Yuri, Kantor Kemenkes berada di Kuningan, tapi sebagain besar pegawainya diperbantukan di luar kantor. Salah satu tempat di mana pegawai KEmenkes diperbantukan adalah di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) baik di Bandara Soekarno Hatta mupun di Bandara Halim Perdana Kusuma.

Ada juga pegawai Kemenkes diperbantukan di RS (Rumah Sakit) Darurat Wisma Atlet, di tempat ini ribuan orang diterima setiap hari. Selain itu beberapa pegawai Kemenkes tidak pernah ketemu pasien tapi ketemu virusnya langsung, mereka bekerja di laboratorium.

dr. Yuri mengatakan penularan COVID-19 tidak terjadi di kantor, tapi di banyak tempat. Petugas Lab harus memeriksa spesimen lebih dari 1.000 setiap harinya, risiko itu pasti ada. Ini bagian dari risiko sebagaimana sudah diprediksi. (Kemenkes/Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat)