Pistol dari Film James Bond “Dr No” Terjual Seharga Rp 3,6 Miliar

Sebuah rumah lelang di Beverly Hills berhasil menjual barang properti dari film agen rahasia James Bond seharga Rp 3,6 miliar. Penjualan barang-barang properti produksi film dan memorabilia, seperti itu menjadi salah satu bisnis menguntungkan di Hollywood, selain industri filmnya.

Julien’s Auctions merupakan salah satu dari sejumlah rumah lelang di sekitar Hollywood. Spesialisasinya adalah menjual barang-barang bekas milik selebriti yang berpotensi menjadi incaran para fans mereka.

Belum lama ini dalam sebuah acara lelang beberapa hari di Kota Beverly Hills, Julien’s Auctions berhasil menjual sebuah senjata pistol yang merupakan alat peraga dalam film serial James Bond pertama yang berjudul “Dr. No.”

Pistol jenis Walther PP dari film yang dibintangi oleh Sean Connery pada 962 tersebut, laku terjual seharga $256 ribu Amerika atau sekitar $3,6 miliar rupiah. Pistol tersebut menjadi sorotan dalam acara lelang mewah yang berlangsung selama empat hari tersebut. Lelang tersebut menjual 2.000 benda memorabilia bekas para selebritis.

Menurut Martin Nolan, direktur eksekutif rumah lelang Julien’s Auctions, pistol itu merupakan alat peraga yang sangat penting dalam film pertama serial James Bond tersebut.

Martin mengatakan bahwa melalui film ‘Dr. No’, para fans James Bond juga dapat mengenang mendiang Sean Connery yang meninggal belum lama ini.

Menurut Martin Nolan, sebelum laku terjual, ia memperkirakan pistol tersebut akan dihargai setidaknya antara $150 ribu hingga $200 ribu atau sekitar Rp 2,1 miliar hingga Rp2,8 miliar.

Martin mengatakan walau perkiraan nilai di bawah harga penjualan, ia sudah memperkirakan bahwa pistol tersebut akan laku terjual dengan harga yang lebih tinggi dengan meninggalnya Sean Connery pada Oktober tahun ini.

Senjata pistol ikonik tersebut laku terjual dengan harga sekitar Rp3,6 miliar kepada seorang fans James Bond dari Amerika yang meminta identitasnya dirahasiakan. (VOA/aa/ft)