Polisi Tangkap Pria Warga Negara Perancis di Bali

Polda Bali mengatakan, Rabu (23/12), pihaknya telah menangkap seorang pria warga negara Perancis karena diduga memiliki senjata dan obat-obatan ilegal di Bali.

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra mengatakan Rayan Jawad Hendri Bitar ditangkap pada Senin (21/12) setelah polisi menemukan aksesoris pistol Blade Pistol Stabilizer, dan magasinnya, senjata api makarov, pistol, dan amunisi di rumah kontrakannya di dekat kawasan Kuta, Bali.

Kapolda mengatakan, seperti dikutip oleh Associated Press, petugas juga menemukan dua bungkus plastik kecil berisi 4,8 gram sabu di rumah Bitar.

Menurut Putu Jayan, penangkapan itu berdasarkan informasi dari warga sekitar yang mencurigai ada orang asing yang melakukan transaksi narkoba di daerah itu.

“Kami masih menyelidiki bagaimana tersangka mendapatkan senjata dan obat-obatan itu,” katanya kepada wartawan pada konferensi pers. “Senjata api tidak diizinkan di Bali.”

Bitar menghadapi kemungkinan hukuman mati jika terbukti memiliki senjata dan obat-obatan terlarang, tambah Putu Jayan.

Penangkapan tersebut adalah penangkapan Bitar kedua di Bali. Sebelumnya polisi juga pernah menangkapnya pada 2014 karena kepemilikan 3,14 gram kokain di sakunya. Ia dijatuhi hukuman empat bulan penjara setelah berhasil meyakinkan hakim bahwa kokain itu hanya untuk digunakan sendiri. (VOA/ah/ft)