Putin-Biden Lakukan Pembicaraan Melalui Telepon

Presiden Joseph R. Biden, Jr. Selasa 26 Januari pukul 13:35 waktu Washington atau bertepatan dengan Rabu 27 Januari pukul 01:35 WIB berbicara dengan Presiden Vladimir Putin dari Rusia.

Mereka membahas kesediaan kedua negara untuk memperpanjang pembatasan senjata nuklir START baru selama lima tahun, menyetujui agar tim mereka segera bekerja untuk menyelesaikan perpanjangan paling lambat 5 Februari.

Mereka juga setuju untuk mengeksplorasi diskusi stabilitas strategis tentang berbagai kontrol senjata dan masalah keamanan yang muncul. Presiden Biden menegaskan kembali dukungan kuat Amerika Serikat untuk kedaulatan Ukraina.

Dia juga mengemukakan hal-hal lain yang menjadi perhatian, termasuk peretasan SolarWinds, kebijakan Rusia pada tentara Amerika Serikat di Afghanistan, campur tangan dalam pemilihan Amerika Serikat 2020, dan peracunan Aleksey Navalny.

Presiden Biden menjelaskan bahwa Amerika Serikat akan bertindak tegas dalam membela kepentingan nasionalnya dalam menanggapi tindakan Rusia yang merugikan AS atau sekutunya.

Kedua presiden sepakat untuk menjaga komunikasi yang transparan dan konsisten ke depan. (Gedung Putih)