Sumber Air Untuk Warga Makassar Alami Penyusutan

Sumber air baku untuk kebutuhan warga Kota Makassar mengalami penyusutan, hal ini menyebabkan sejumlah pelayanan dari Instalasi Pengolahan Air IPA) 2 Panaikang terganggu. Pengelolaan air baku di IPA 2 dan Instalasi III Antang menurun hingga 50 persen akibat menyusutnya air dari Sungai Lekoppaccing Kabupaten Maros.

Dalam pernyataannya Jumat 18 September, Direktur Teknik Perumda Air Minum Kota Makassar Imran Adnan mengatakan “beruntung masih ada tambahan air baku dari dari Sungai Moncongloe dan Intake Mallengkeri”.

Meski demikian ada kendala atas tambahan air baku dari Sungai Moncongloe, tingkat kadar air garam kadangkala mengalami peningkatan hingga melewati ambang batas atas. Peningkatan kadar garam ini menyebabkan air tidak dapat diolah untuk diteruskan ke masyarakat.

Untuk mengantisipasi masalah kekurangan suplai air bersih ini, Perumda Air Minum Kota Makassar menyalurkan air bersih ke sejumlah wilayah menggunakan mobil tangki. Setidakna ada 8 unit mobil tangki disiapkan agar masyarakat tidak kekurangan air bersih. (PDAM Makassar)