Wapres Dorong Hasilkan Desain Produk Menarik dan Bernilai Tinggi

Produk yang berkualitas akan meningkatkan nilai tambah dan daya saing, sehingga memperbesar peluang untuk mampu menguasai pasar global. Kendati demikian, unsur penting lainnya yang juga perlu diperhatikan ialah desain produk. Hal ini diyakini berperan penting dalam mendukung kesuksesan pemasaran sebuah produk, serta menjadikan sebuah komoditas yang memiliki nilai yang tinggi.

“Karena itu, upaya untuk mendorong agar sebuah produk memiliki desain yang baik, serta mendorong kreativitas dalam menghasilkan desain-desain menarik dan memiliki nilai tinggi merupakan hal yang penting untuk dilakukan,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada acara Penganugerahan Penghargaan Upakarti dan Indonesia Good Design Selection (IDGS) 2020 melalui konferensi video dari kediaman resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 14, Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, berdasarkan laporan Global Industrial Design Market Research tahun 2020, nilai pasar global untuk rancangan produk industri masih terbuka lebar. Pada 2019, nilai tersebut mencapai USD45 miliar dan diproyeksi akan mencapai USD65 miliar pada 2026.

“Saya mengharapkan para perancang dan pelaku industri dapat memanfaatkan peluang domestik maupun global melalui konsep produk baru yang tidak hanya memiliki nilai estetis tetapi memiliki nilai tambah yang tinggi,” ungkap Wapres.

Untuk itu, Wapres berharap Kementerian Perindustrian dapat mendorong para pelaku industri, khususnya industri kecil dalam memanfaatkan teknologi digital. Baik dalam konteks pemasaran produknya, maupun pemanfaatan teknologi digital untuk inovasi produk, terlebih di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Berdasarkan survey Bank Dunia, kegiatan usaha yang memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran, mengalami penurunan penjualan lebih sedikit dibandingkan dengan yang melakukan pemasaran secara offline selama masa pandemi,” papar Wapres.

Pada kesempatan tersebut, Wapres mengajak kepada para innovator dan pelaku usaha, untuk bersama-sama memajukan perekonomian nasional untuk kesejahteraan masyarakat. Begitu pula para kepala daerah diharapkan agar terus memperbaiki iklim usaha di daerah, serta mengawal industri kecil dan menengah agar dapat melakukan usahanya dengan produktif.

Mengakhiri sambutannya, Wapres menyampaikan apresiasinya kepada para penerima penghargaan upakarti atas kerja keras yang dilakukan. Ia berharap upaya membangun dan memberdayakan industri kecil menengah harus terus dilaksanakan sehingga menjadi pendorong pemulihan ekonomi.

“IGDS merupakan ajang untuk menciptakan ekosistem industri kreatif di Indonesia, hasil rancangan ini dapat digunakan oleh industri kecil menengah yang memerlukan peningkatan kualitas produknya agar dapat mengikuti selera konsumen dan kompetitif terhadap produk impor,” tandas Wapres.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melaporkan Penghargaan Upakarti dilaksanakan sejak tahun 1985. Penghargaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, mendorong motivasi serta prakarsa masyarakat.

”Baik orang perseorangan, lembaga/oganisasi ataupun perusahaan, untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan sektor IKM (industri kecil menengah) guna meningkatkan kesempatan berusaha dan perluasan kesempatan kerja di seluruh wilayah Indonesia,” jelasnya.

Adapun rincian penerima Penghargaan Upakarti Tahun 2020, sebagai berikut:

Kategori Jasa Pengabdian
1. Soetomo (industri garmen)
2. Afif Syakur (kerajianan batik)
3. Kartika Kusumastuti (industri makanan dan minuman)
4. Novri Hertini (kerajinan batik)
5. Siti Saharia Mahindar (industri makanan dan minuman)

Kategori Jasa Kepeloporan
1. PT Efrata Retalindo (industri garmen)
2. Pertenunan Hedayat Sutra (industri pertenunan)
3. PT Pangan Sari Utama Food Resources (industri makanan)
4. UD Rizki Agung (industri makanan dan minuman)
5. CV Cocoan Asia (industri furnitur)

Sementara untuk Penghargaan Desain Produk Industri Terbaik (IDGS) Tahun 2020, rincian pemenangnya ialah sebagai berikut:

Penerima penghargaan untuk kategori Desain Produk
Ibnu Susilo (PT Fin Komodo Technology)

Kategori Best Three
1. Lucky Akbar Raditya (PT Line Soda Kreasindo)
2. M. Hamsyah Pramana (Sepatu Kimin)
3. Santi Alexius dan Hendri Teja (PT Matahari)

People Choice
Afidha Fajar Aditya (Eboni Watch)

Kategori Desain Konsep
Fauzi dan Hari Pramuja (PT Luas Inovasi)

Kategori Best Three
1. Andriano Sumartama (PT Balagi Ratan)
2. Oki Lutfi Nurdin (PT Eagarindo MP)
3. Mohammad Amsal Hilmy Abbiyu.

Turut hadir pada acara tersebut para ketua Lembaga Negara, jajaran Kementerian Perindustrian, para gubernur, wali kota serta bupati di seluruh Indonesia. (Setwapres, SA/AF-KIP)